Monday, August 8, 2016

Tips Aman Hunting Foto Kereta Api

Hunting foto kereta api merupakan hal yang sudah biasa dilakukan oleh railfans, baik yang menggunakan kamera handphone atau kamera pro. Kegiatan ini memang sangat menyenangkan dan bermanfaat, karena biasanya spot foto yang bagus berada di alam terbuka, selain itu kita bisa bersosialisasi dengan sesama railfans. Tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat hunting foto kereta api, jangan sampai karena lalai kita jadi celaka. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  1. Hormati orang lain, saat kita menuju atau berada spot yang padat penduduk, kita harus menghormati, jangan berbuat yang tidak-tidak dan aneh-aneh.
  2. Jaga etika dan kesopanan
  3. Tahu / membawa jadwal kereta api yang akan melintas, kan tidak lucu kalau sudah jauh-jauh menuju spot yang kita inginkan, ternyata tidak ada kereta lewat.
  4. Jangan berada di atas atau dekat rel, apalagi yang double track. Banyak kasus kematian di double track karena saat memperhatikan kereta disalah satu jalur, ternyata ada kereta lain yang melintas di jalur satunya.
  5. Jangan merusak sarana dan prasarana KAI seperti wesel, sinyal, dsb. Dan jangan melempar kereta dengan sesuatu apapun.
  6. Jika hunting di area stasiun, jangan mengganggu petugas dan kegiatan perkeretaapian di stasiun, jangan masuk ke area penumpang jika tidak memiliki tiket, karena bisa diusir oleh PKD.
  7. Jangan nekat, maksudnya adalah jangan memaksakan mengambil gambar di spot yang berbahaya, seperti ditengah jembatan, dipinggir tebing curam, memanjat tiang sinyal, ditengah rel saat kereta sudah dekat, dsb. Karena itu sangat beresiko.
  8. Jaga diri dan peralatan yang kita bawa.
  9. Bawalah bekal makanan dan minuman jika memang perlu.
Oke sekian tips kali ini, mungkin ada yang ingin menambah? silahkan berkomentar di kolom komentar di bawah.


EmoticonEmoticon