Tuesday, November 29, 2016

Kereta Kelas Eksekutif

Kereta eksekutif adalah kereta penumpang dengan pelanyanan tertinggi yang dilengkapi berbagai fasilitas yang memanjakan para penumpangnya. Satu kereta eksekutif berkapasitas 50 orang penumpang.

Fasilitas kereta kelas eksekutif pada umumnya dalah AC Central, hiburan audio & visual, kursi yang bisa diatur kemiringannya dan bisa dibalik, lampu baca, tirai, bagasi pesawat (tidak semua) selimut untuk perjalanan malam, dan layanan makanan. Selain itu juga terdapat meja lipat, footrest, pintu otomatis. Namun tidak semua kereta eksekutif memiliki meja lipat, footrest, pintu otomatis. Kaca kereta eksekutif ada yang lebar dan ada yang seperti pesawat.

Kereta eksekutif dibagi menjadi dua, eksekutif argo dan eksekutif satwa. Eksekutif argo adalah kereta dengan kelas pelayanan tertinggi PT KAI, sementara eksekutif satwa adalah kereta sekelas argo tapi bukan kereta argo. Berikut penjelasan lebih lengkapnya

Eksekutif Argo
Kelas eksekutif argo mulai ada sejak tahun 1995, saat itu diluncurkan dua kereta yaitu Argo Bromo (Gambir – Surabaya Pasar Turi) dan Argo Gede (Gambir – Bandung). Kelas argo umumnya selalu menggunakan rangkaian kereta terbaik buatan INKA yang dibuat / dikeluarkan mulai tahun 1995 keatas. Hingga sekarang terdapat 8 kereta argo yang beroperasi. Kereta eksekutif argo pada saat perjalanannya berhenti di sedikit stasiun dan di stasiun besar saja, agar mempercepat waktu tempuh. Penamaan kereta argo menggunakan nama gunung yang ada di Indonesia.

Eksekutif Satwa
Kelas eksekutif satwa berada dibawah argo, fasilitas sama. Kereta eksekutif satwa berhenti di stasiun besar (lebih banyak dari argo) dan stasiun kelas 1 saja. Dinamakan eksekutif satwa karena kereta satwa menggunakan nama-nama satwa dan tokoh di Indonesia seperti Sembrani, Gajayana, Turangga dsb.

Eksekutif Campuran
Kelas campuran berada dibawah kelas satwa. Kelas campuran adalah kereta eksekutif yang dicampur dengan kelas bisnis, bisnis-ekonomi, atau ekonomi saja. Contoh kereta campuran adalah Lodaya (Ekse – Bisnis)
Walaupun demikian, sekarang kereta argo dan satwa hampir tidak ada bedanya, pelayanannya sama saja.


Rangkaian kereta
Dalam perjalananya, kereta eksekutif ditarik lokomotif CC 201, CC 203, CC 204, dan CC 206. Namun saat ini CC 206 lebih sering digunakan untuk menarik kereta eksekutif, khususnya eksekutif argo.
Kereta eksekutif yang sudah tidak layak karena berusia lebih dari 30 tahun mulai dihilangkan dan diganti dengan kereta retrofit (hasil mengubah kereta bisnis menjadi eksekutif) dan kereta baru dari INKA. Tahun ini (2016), PT KAI sudah membeli 4 set kereta eksekutif baru, sekarang digunakan oleh Argo Lawu, Argo Dwipangga, Bima. 






Daftar Kereta Kelas Eksekutif di Indonesia :
Berikut nama-nama kereta eksekutif milik PT KAI yang beroperasi :


Eksekutif Argo
-Argo Bromo Anggrek
-Argo Dwipangga
-Argo Jati
-Argo Lawu
-Argo Muria
-Argo Parahyangan
-Argo Sindoro
-Argo Wilis

Eksekutif Satwa
-Bangunkarta
-Bima
-Gajayana
-Purwojaya
-Sembrani
-Taksaka
-Turangga

Campuran :
Ekse – Bisnis
-Ciremai Ekspress
-Gumarang
-Lodaya
-Mutiara Timur
-Ranggajati
-Sawunggalih Utama
-Sindang Marga
-Sribilah
-Sriwijaya

Ekse – Eko + 
-Malioboro Ekspress
-Pangrango
-Sancaka
-Cirebon Ekspress
-Tegal Bahari
-Argo Parahyangan Campuran

Ekse – Bisnis – Eko 
-Harina
-Malabar


EmoticonEmoticon