Wednesday, November 16, 2016

Menikmati Promo Liburan April 2016 ke Jogjakarta

Promo, bagi saya adalah kesempatan untuk merasakan kereta kelas eksekutif, karena saya sangat jarang sekali naik kereta eksekutif kalo tidak ada promo, kalau naik itupun hanya beli tiket parsial aja. Saat itu, pemesanan dan keberangkatan promo bisa dilakukan tanggal 4 - 30 April, hari senin tanggal 4 dini hari, saya sudah menghadap layar hp saya yang membuka aplikasi KAI Access, padahal paginya saya harus mengerjakan Ujian Nasional SMA, yang penting dapat promo dulu, setelah itu fokus UN (jangan ditiru). Saya dan teman saya sudah berencana pergi ke Jogja pada tanggal 23-24 April sejak seminggu sebelum pemesanan promo dimulai, akhirnya saya medapatkan tiket Maliboro Ekspress kelas eksekutif jurusan Kediri - Jogja dengan harga promo Rp. 84.000, berangkat dari kediri jam 11 malam. Teman saya juga berhasil mendapatkanya, untuk tiket kembali ke Kediri (saya memilih Moleks pagi), sebenarnya saya sudah kehabisan tiket Moleks eksekutif, promo Moleks yang tersisa hanya kelas ekonomi, akhirnya saya booking ekonomi itu. Tapi setelah KAI Access saya reload lagi, ternyata masih tersisa promo untuk kelas eksekutif Moleks 1 kursi, langsung saja saya sikat. Akhirnya saya mendapatkan tiket eksekutif PP, Alhamdulillah, jarang-jarang bisa naik eksekutif PP. 



Liburan ke Jogja ini adalah liburan saya yang ketiga di bulan april saat itu (karena habis UN, jadi free). Pertama saya liburan ke WBL Lamongan (tgl 7), kedua saya pergi ke Jakarta untuk nonton Hammersonic (tgl 16 - 18), dan terakhir ke Jogja. Saya sangat bersyukur bisa diberi kesempatan untuk menikmati masa bebas setelah ujian nasional dengan liburan seperti ini.

HARI KEBERANGKATAN
Saya berangkat dari rumah menuju Stasiun Kediri sekitar pukul 10 malam, sampai di stasiun suasana cukup sepi, setelah teman saya dan orangtua-nya datang, kami langsung melakukan boarding sekitar jam 11 kurang, saat itu hanya ada sekitar 6 penumpang saja yang akan naik Maliboro Ekspress (103) dari Kediri, setelah kereta datang saya langsung memasuki eksekutif 2 dan sudah ditunggu teman saya yang seorang railfans dari Blitar, juga menggunakan promo ini untuk pergi ke Jogja (kami sudah janjian sebelumnya). Saat itu kereta cukup sepi, di eksekutif 2 saya duduk di kursi 9A bersama teman saya dari Kediri, sementara teman saya dari Blitar duduk dikursi agak depan dari kursi saya. Saya baru tahu kalau di kereta eksekutif yang berjalan di malam hari, para penumpang diberi (dipinjami) selimut gratis, selimut tersebut bersih tentunya, karena setiap selesai perjalanan, selimut tersebut langsung di laundry-kan, sehingga bersih, wangi, dan bebas kuman saat digunakan untuk perjalanan selanjutnya. Saya tertidur setelah kereta meninggalkan Stasiun Madiun sekitar jam 1 pagi. Saya terbangun saat kereta akan masuk Stasiun Tugu Yogyakarta, kereta tiba sekitar pukul 03.45 (lebih cepat 12 menit). 
Setelah sampai kami tidak langsung keluar, kami menunggu subuh dengan duduk duduk di ruang tunggu yang dekat dengan musholla,

Sekitar jam 5 kami baru keluar stasiun, saya dan teman saya yang dari Blitar memiliki tiket pulang dengan Malioboro Ekspress pagi, sementara teman saya yang dari Kediri bersama keluarganya mereka memiliki Malioboro Ekspress malam, mereka akan berkeliling Jogja terlebih dahulu, sementara saya dan teman dari Blitar hanya berputar-putar di sekitar PJL geser stasiun Tugu sambil hunting kereta api








Sekitar pukul 07.00, saya dan teman saya bergegas kembali ke Stasiun untuk bersiap-siap pulang dengan Malioboro Ekspress pagi, meskipun di Jogja cuma sebentar, tapi menurut saya perjalanan ini lumayan berkesan bagi saya, karena bisa mendapatakan tiket eksekutif PP dengan harga yang murah karena promo


EmoticonEmoticon